Tgl 29 Agustus 2011, kembali terjadi perbedaan penentuan hari raya. setelah sidang itsbat di tv telah sipustuskan 4 kesimpulan. tiga kesimpulan memilih melaksnakan hari raya hari rabu, 31 Agustus 2011. sedangkan kesimpulan terakhir adlah Muhammadiyah meminta izin utk melaksanakan hari raya besoknya, selasa 30 Agustus dengan catatan perbedaan ini hendaknya tetap menjaga persauan dan keutuhan berbangsa.

Di keluarga, seperti biasa mama memilih utk mengikuti muhammadiyah, entah apakah melihat alasan di belakangnya atau cukup dilatari dgn keyakinan dari dulu bahwa muhammadiyah adalah ormas yg sesuai dgn tuntan islam modern dengan pemikiran intelek yg bagus dan murni jauh dari bidah dsb *pendapat pribadi.

Biasanya saya memilih mengikuti mama sbg kepala keluarga, dan saya jg berkeyakinan muhammadiyah. tapi ketika mendengar sidang itsbat, saya mendenhar keputusan berbagai ormas yg menurut saya terdiri dari ahli ahli yg tidak kalah satu sama lain, dan memiliki keputusan terbanyak utk memilih hari rabu sbg hari raya. InsyaAllah akhirnya saya berkesimpulan dgn pernah memdengar kata ahli tafsir M.Quraishihab, “bahwa ketika terjadi perbedaan pendapat hendaknya yg dipilih adalah pendapat yg terbanyak dan ahlinnya”. Dari acuan tersebut ada 2 unsur kalimat,pendapat terbanyak dan ahlinya. untuk kata ahlinya saya berfikir semua memiliki keahlian masing2 dalam berhisab atau nerkesimpulan dgn hilal, namun pendapat terbanyak meyakini saya utk memilih keputusan pemerintah, yakni pelaksanaan harubraya katuhbpada tgl 31 Agustus 2011 yg artinya jumlah hari Ramadhan 1432 H sebanyak 30 Hari. Selamat Hari Raya Idul Fitri1432H buat yg merayakan..:)

– Posted using BlogPress from my iPhone

Location:Jalan Indramayu – Cirebon,Susukan,Indonesia